Pages

Friday, June 8, 2012

Kemanakah Lagu Anak-anak?


Zaman kecil dulu, saya sangat menggemari acara Tralala-Trilili dan Ci Luk Bha. Sore hari rasanya adalah waktu sakral untuk menikmati tangga lagu anak di depan televisi. Tikus Makan Sabun, Abang Tukang Bakso, sampai lagu Banyak Nyamuk di Rumahku mewarnai hari-hari saya.

Kala itu, era pertama diisi oleh Cindy Senora, Chikita Meidi, Enno Lerian, Maissy, Agnes Monica, sampai Trio Kwek-Kwek. Era berikutnya, muncul artis-artis cilik baru seperti Tasha, Kiky, Joshua sampai Tina Toon. Saya aktif sekali mengikuti perkembangan musik anak meski eranya sudah berganti (ceileee kayak apa aja).

Saat saya masuk SMP, agaknya lagu anak sudah mulai jarang didendangkan, kecuali di Taman Kanak-Kanak tentunya. Lagu-lagu pop dari Peterpan, Ungu, Merah, Jingga, dan apalagi namanya mulai menjadi tren. Jeleknya, tren ini juga muncul di kalangan anak-anak. Saya masih ingat betul kapan saya mengenal musik pop. Yaitu saat kelas 4 SD, saya mengenal lagu Aku Bukan Pujangga milik Basejam. Itupun saya tidak hafal liriknya.

Sekarang? Keponakan saya yang bahkan belum sekolah sudah pandai menyanyikan lagu Cinta Satu Malam sampai Iwak Peyek. Gilaaaaaak! Fenomena apa ini?

Sadar atau tidak, itulah kenyataan yang harus diterima. Termasuk kenyataan bahwa idola anak-anak bukan lagi artis cilik yang unyu-unyu melainkan model-model penyanyi seperti Andika Kangen Band (mungkin.. hehe).

Itu tadi soal lagu, sekarang mari kita lebih jauh, kali ini tentang film anak. Kalau kita amati, haluan televisi agaknya sudah sangat bergeser dari misi pendidikan ke komersial tingkat tinggi. Alhasil, isinya hanya sinetron, infotainment, reality show, sampai acara musik yang kurang (atau tidak?) bermutu.  Bahkan di Hari Minggu saja, mereka hanya menyediakan waktu tak kurang dari sekitar 3 jam untuk kartun. Maksimal jam 9 pagi tayangan anak sudah habis. Di atas jam itu? Balik lagi ke infotainment, acara masak-masak, sampe acara musik orang dewasa.

Miris memang. Tapi beruntunglah ketika masih banyak pihak yang peduli akan pentingnya hiburan yang sesuai dengan usia anak. Malam ini saya menonton Kick Andy. Tema yang diangkat seputar film berjudul Ambilkan Bulan yang di dalamnya dibawakan lagu-lagu anak karya AT Mahmud. Helmi Yahya, produser film mengatakan, film tersebut memang berangkat dari gerakan moral peduli lagu anak.

Film yang berkisah tentang petualangan seorang gadis cilik bernama Amelia ini juga didukung band-band dan penyanyi dewasa seperti Sheila on 7, SID, astrid, dan beberapa musisi lainnya. Uniknya, mereka semua menyanyikan lagu anak.

Sebenarnya, hilangnya lagu anak tidak perlu terjadi jika ada kesadaran orang tua serta lingkungan terdekat. Keadaan yang memang berada di luar kontrol memang bisa menjadi bumerang tapi tak lantas pula menjadikan kita lengah sebagai pendidik.

Segencar apapun kita mengecam media dengan tayangan tak mendidiknya, pasti sia-sia. Saya pribadi tidak bisa melakukan hal muluk-muluk. Saya hanya bisa mengajari keponakan menyanyikan lagu Naik Kereta Api. Mungkin belum cukup, tapi setidaknya itu yang saya lakukan. Saya sungguh tidak rela membiarkan imajinasi dunia mereka tergganggu oleh lagu galau masa kini.

5 comments:

  1. mirisnya semakin tenggelamnya lagu anak-anak saat ini membawa dampak pada etika, tata krama dan moral mereka...kasian juga sih anak-anak dengan umur yang masih sangat muda itu,seakan dipaksa mencerna lagu-lagu orang dewasa yang notabene isinya cinta2 dan galau,padahal bisa dipastikan mereka dengan umur segitu belom tau makna dari lagu2 orang dewasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hey cewek
      hehehehe, itu salah satu contohnya:))

      Delete
  2. Yg saya inget dari lagu anak2, lag yang saya suka Tri Kwek-Kwek-> Katanya-katanya, Geovani-Menanbung, gaya cilukbanya Nikita Meydi yang centil abiezzz beuddhh, dan tralala traliliiii...

    Dan satu lagu anak2 yg baru yg paling ngehit versiku ada "Lagu untuk Mama", kereeeennnn........

    Latihan jadi calon Emak beneran ukhtii, positive parenting :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Chikita Meydi kaleee boy!
      Bukan Nikita Willy.. hehehe
      *latihan postive parenting? ya ngajarin nyanyi itu tadi:)

      Delete
  3. Konten yang menarik...
    Salut pada kepedulian anda dengan dunia anak dan dunia lagu anak...

    Yang mau download lagu anak Gratis, silakan klik nick saya di atas... (Kak Zepe Lagu2anak).

    atau klik www.lagu2anak.blogspot.com

    Salam cinta lagu2anak

    ReplyDelete