Pages

Thursday, October 27, 2011

Sat=Saturated



Minggu perkuliahan sudah berada di pertengahan. Dan mahasiswa, sudah tahu betul apa artinya. Tugas, kuis, praktikum, tes dosen, dan kuliah mendadak menggila. Lagu lama! Hal berkebalikan didapati saat awal-awal minggu perkuliahan. Minimal, sebelum tersentuh waktu praktikum. Kuliah teknik serasa kuliah ilmu sosial. Lepas kuliah, tak ada praktikum, belum penuh tugas, dan dengan santai bisa melanglang buana ke organisasi atau kesibukan (tak) penting lainnya.

Saya mendengar istilah saturated pertama kali sejak kuliah Azas Teknik Kimia I. Tepatnya di tahun kedua kuliah. Pengertian saturated yang saya pelajari saat itu hanya terbatas pada solutions alias larutan. Tidak lebih!

Meningkat lagi ke mata kuliah lain di semester yang sama, ada Kimia Fisik. Istilah ini muncul lagi. Kali ini kaitannya dengan diagram fasa. Di atas grafik, berteman dengan garis batas antar fase, ia menari-nari minta dipahami. Yeah, saturated!

Lain Kimia Fisik, lain pula Thermodinamika. Mata kuliah penuh simbol properti gas dan larutan ini entah sudah berapa kali menyertakan kata ‘sat’ di tiap chapternya. Smith Van Ness menurut saya terlalu mengumbar istilah saturated. Sampai-sampai ia melabeli setiap variable semacam suhu, tekanan hingga entalphy dengan embel-embel ‘sat’. Sepenting itukah eksistensi makhluk bernama saturated ini?

Jejak Smith Van Ness rupa-rupanya mampu menginspirasi Geankoplis, Mc Cabe, dkk di mata kuliah Operasi Teknik Kimia. Dasar tren! Biar pun nggak keren, terus saja diikuti. Kenapa bukan kata lainnya?

Saturated buat saya berarti cukup sederhana. Jenuh! Yang artinya, saya butuh istirahat. Butuh berhenti sejenak dari rutinitas. Cukup. Lepas itu, bisa saya pastikan saya punya lebih banyak tenaga untuk menghadapi saturated yang nyata di Operasi Teknik Kimia maupun Thermodinamika.

3 comments:

  1. Dlm thermodinamika teknik, saturated itu kondisi jenuh dari suatu refrigerant dari bentuk cari menuju uap. Terkadang sebut sbg uap jenuh pula, yaitu kondisi uap dan cari mendekati 1:0.

    Intine wes berganti fase, dalam aktiftitas, itu saatnya kita mendinginkan otak, merefresh pikiran, untk kemudian menyusun langkah2 baru :)
    #sokbijak

    ReplyDelete
  2. thank you broooo.... ini masih mending berada pada tahap saturated, nah kalo superheated, bakalan lain lagi ceritanya....

    ReplyDelete
  3. nah saya sudah superheated ini..
    pingin refreshing........................

    ReplyDelete