Pages

Sunday, October 23, 2011

What An Inspiring People They Are


Bagiku, siapa pun orangnya dan apa pun profesinya adalah sosok inspirasional. Entah itu penjual kacang rebus, tukang becak, wanita penjaja koran, atau seorang bapak-bapak dengan keterbatasan fisik tapi rela berpanas-panasan berjualan koran di perempatan lampu merah. Ia bergelanyut dengan tongkat yang menopang tubuhnya sambil menanti lampu merah tanda berhenti menyala lantas menghampiri para pengendara dengan tumpukan beberapa koran di tangan kanan .Teriakannya turut mengisi padat jalan di terik siang. Bagi saya, mereka semua inspiratif.

Sense sebagai seorang jurnalis menuntut saya peka pada hal-hal kecil di masyarakat, bukan hanya di kampus. Jika di kampus yang saya hadapi adalah civitas akademika dengan background apa pun, menurut pemikiran saya mereka semua terdidik, tapi tidak dengan kehidupan luar kampus.

Saya masih harus berguru pada sosok-sosok sederhana yang pernah saya jumpai tadi. Pelajaran mengenai hidup berkecukupan lebih luas pengertiannya bagi mereka. Bagi mereka, hidup cukup sangat jauh dari pengertian awal yang kebanyakan orang definisikan. Hidup berkecukupan bukan berarti memiliki rumah mewah, mobil sekelas pajero dkk atau deposito menggunung.

Pertanyaan-pertanyaan kecil yang kerap saya ajukan kepada mereka mulai membuka mata saya. “Bapak sudah lama berjualan kacang rebus?” atau “Dapat rezeki berapa Pak dalam sehari kalau mbecak gini?” Demikian mengejutkan ketika pertanyaan tersebut dijawab dengan kalimat yang tak biasa. “Sejak 1969 mbak, sampean aja belum lahir,” jawab bapak penjual kacang rebus yang hingga kini masih setia dengan gaweannya itu. Sementara bapak tukang becak , “Dapatnya ndak mesti mbak, tapi alhamdulillah cukup saja,” jawabnya sambil mengayuh becak yang saya tumpangi.

Satu lagi pelajaran, bahwa rezeki boleh datang dari jalan mana pun. Selama ia dicari dengan usaha, keringat, dan yang terpenting adalah halal maka rezeki tersebut menjadi berkah bagi pemiliknya. Tak salah lagi apa yang diucapkan ibu saya, “Cari rezeki yang halal, Insyaallah pasti jadi berkah,” pesannya.

No comments:

Post a Comment