Pages

Friday, June 24, 2011

Branding

Tak bisa dipungkiri, branding merupakan salah satu bagian terpenting dalam pemasaran suatu produk. Saat ini, branding sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi industri, termasuk UKM. Mahasiswa DKV pun dituntut mampu mem-branding-kan UKM tersebut. Fakhrul Abidi, mahasiswa DKV angkatan 2008 membenarkan hal tersebut. “Tugas ini bertujuan memberikan citra positif pada kelompok Usaha Kecil Menengah (UKM) di wilayah Surabaya dan sekitarnya,” ujar Fakhrul. Satu kelas DKV 4 terbagi menjadi enam kelompok. Masing-masing kelompok terdiri dari lima sampai enam orang.

Fakhrul meyebutkan, hal pertama yang mereka lakukan adalah menentukan tempat yang akan dibrandingkan. Hal itu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan berbagai permasalahan yang dihadapi kelompok UKM selama ini. ‘’Kami melakukan survey langsung untuk mengetahui permasalahan mereka,’’ ujar Fakhrul.
 
Fakhrul dan kelompoknya memilih industri tas Tanggulangin Sidoarjo. Setelah survey, ia menangkap persepsi yang ada di masyarakat bahwa produk Tanggulangin hanya ditujukan untuk orang tua. Agar dapat menyentuh kalangan remaja, Fakhrul dan rekan-rekannya mengupayakan branding lewat desain tas yang lebih kasual dan modern.

Logo Gresyant Art
 Berbeda dengan Ceyza Amera N, bersama timnya, ia berusaha membrandingkan usaha kerajinan berbahan dasar natural seperti pelepah pisang dan eceng gondok di Gresik. Uniknya, mereka tidak hanya membuat logo maupun katalog, melainkan juga theme song untuk usaha bernama Gresyant Art tersebut.

Cak Ken, 'Tuan Craps' versi Kenjeran
Branding lewat kaos
 Sementara itu  Mirzza Al-Akbarian. Ia bersama timnya mengangkat permasalahan UKM di Kenjeran. ‘’Kami mengambil fokus camilan khas Kenjeran yang banyak berupa krupuk,’’ ujar Mirzza. Khusus Maskot., mereka menamakan sebuah kepiting berbaju khas Madura dengan Cak Ken alias Camilan Khas Kenjeran. Mereka membuat logo, maskot, serta supergraphic berupa binatang-binatang laut. “Itu karena berbagai hasil laut tersebut diolah menjadi camilan,” ungkapnya.

Ada juga beberapa maskot lain serta cara branding yang mereka gunakan seperti di bawah ini. Monggo dilihat:D
Maskot Sandal Wedoro
Cute Box yaaaa:D
Desain sertifikat unik
Kemasan produk mangrove
Publikasi parade jajanan yang eye catching
Umbul-umbul sebagai upaya branding
Bagus-bagus kan ya branding yang temen-temen DKV 2008 bikin. Mungkin bisa jadi rujukan kalau ingin mem-branding-kan usahanya:))

No comments:

Post a Comment