Pages

Sunday, December 23, 2012

Titik Nol Kampus Perdjoeangan



Bagaimanakah asal muasal kampus ITS? Siapakah sosok pendiri utamanya yang konon adalah seorang dokter? Bagaimana serunya cerita pengaderan tempo dulu? Bagaimana pula cerita perkuliahan 'geje' hingga akhirnya mahasiswa lebih memilih belok ke TP? Temukan semua kisahnya dalam buku berjudul Titik Nol Kampus Perdjoeangan.

Buku ini bergenre sejarah. Isinya merupakan cerita pendirian ITS sejak masih berstatus yayasan hingga berstatus negeri. Uraiannya disampaikan secara humanis. Tak cuma garing menyajikan poin-poin berisi fakta, buku ini mengungkapkan sisi 'behind the scene' yang tak tersentuh. Antara lain sulitnya 'menodong' Bung Karno untuk meresmikan ITS hingga rempongnya para istri pengurus yayasan menyambut presiden pertama Indonesia tersebut di tengah keterbatasan kondisi kala itu.

Itu soal proses penegerian ITS. Soal perkuliahan lain lagi. Kebanyakan pengajar di ITS merupakan dosen luar biasa yang pekerjaan utamanya merupakan praktisi di industri. Imbasnya, jadwal perkuliahan tak menentu. Dosen lebih sering mangkir. Tak jarang mahasiswanya pun jadi ikutan mangkir. Ada yang 'cuti' sejenak untuk bekerja, menikah, sampai pindah universitas.

Buku ini menjadi kian humanis dengan selingan kisah pengaderan yang ada di Fakultas Teknik Mesin, Teknik Sipil. Teknik Kimia, Teknik Perkapalan, Teknik Elektro, Arsitektur, dan Fakultas Ilmu Pasti dan Ilmu Alam. Ada yang ekstrim, ada juga yang konyol. Komplit!

Tak ketinggalan, turut disajikan profil orang-orang yang memang berjasa membangun ITS. Kiprah mereka tak bisa dianggap kecil. ITS seperti sekarang, tak lepas dari peran: dr Angka (pendiri ITS sekaligus rektor I), Kol. Marseno (rektor II), Kol, BG Munaf (dosen Teknik Perkapalan), Prof. Soemadijo (rektor III), Asnoen Arsat (anggota yayasan), Jahja Hasyim (anggota yayasan), dan Prof. Mahmud Zaki (rektor IV).

Buku ini hanya menuliskan sejarah ITS dari tahun 1957-1970. Edisi sejarah ITS part II akan berkisah tentang pergerakan mahasiswa. Bisa dipastikan buku ini akan lebih 'memahasiswa' karena berisi cerita heroik para aktivis menghadapi NKK BKK yang notabene dianggap mengebiri pergerakan mereka kala itu.

Well, bagi pembaca blog saya, kali aja ada yang berminat pesan buku ini bisa menghubungi nomor 081231074413 atau membeli langsung di Kantor Redaksi ITS Online, Perpustakaan Pusat ITS Lantai 6.
Harga:
- Rp. 100.000 untuk umum dan alumni
- Diskon 50% untuk mahasiswa dengan menunjukkan KTM/KTMS

*foto merupakan CSR mas Rovi Adiyanto W Desainer

No comments:

Post a Comment