Pages

Sunday, January 29, 2012

Sudah Berubah Semua

"Ternyata kita sudah cukup tua ya. Hampir tiga tahun berpisah. Galau. Tadi bertemu dengan teman-teman SMA saat kampus expo di aula. Sekolah kita telah berubah, teman-teman kita, pribadi kita juga telah berubah. Sumpah, galau cuk!"

Pesan singkat itu saya terima dari seorang teman. Dipungkiri atau tidak, memang demikian adanya. Saya hanya tersenyum geli saat ia mengirimkan pesan itu tanpa filter. Filter bahasa Suroboyoan maksud saya. Setidaknya, itu sudah cukup mewakili pesannya: pribadi kita telah berubah.

Saya mengenalnya sejak kelas XI SMA. Kami memang sering berbagi banyak hal, mulai dari cerita sampai jajanan ringan saat pelajaran tengah berlangsung. Khusus yang kedua, harusnya tidak disebutkan saja (hehe). Pribadinya sederhana. Tampangnya, banyak orang bilang mirip ustadz. Plus penampilannya, semakin menandakan ia anak masjid dan memang ia anak masjid.

Tapi perubahan, agaknya tak bisa ditepis. Ia mengalir bersama keseharian kita masing-masing. Bahasa, sikap, hingga cara berpikir, semuanya seolah otomatis menyetir diri di luar kendali. Pembiasaan pun terjadi hingga semuanya menjadi kewajaran dan pemakluman atas perubahan tadi.

Teman saya tadi adalah secuil potret bagaimana manusaia bisa berubah. Berubah karena lingkungan dan budaya. Bagi saya pribadi, terkadang perubahan itu perlu. Karena pada fitrahnya, kita adalah manusia yang hidup dinamis, bergerak sesuai alur waktu dan lingkungan. Tak stagnan. Sejauh ia masih berada pada batas kewajaran dan tidak merugikan orang lain, berubah bukanlah masalah besar.

8 comments:

  1. nice blog ukhti.... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah, ada kunjungan mas ferlyn. aktif ngeblog juga ternyata :D:D

      Delete
  2. Yang kedua nampaknya lebih menarik buat dibahas :D

    ReplyDelete
  3. @ mas galih: maklum mas, itu masa ababil... haha:))

    ReplyDelete
  4. ternyata dpet sms dr senyum jg pik...hehe ;)

    ReplyDelete
  5. nice post ^____^ jadi inget masa sma dulu

    ReplyDelete
    Replies
    1. thanks mas reza atas feedback dan kunjungannya. saya tahu sampean tapi ndak kenal. salam kenal ya. smasa 2008 kan:D:D

      Delete