Pages

Saturday, August 27, 2011

She's The Naked Traveller

Saya belum pernah mengenal Trinity sebelumnya. Karyanya? Belum pernah juga. Saya baru mengetahui kiprahnya sejak diterima sebagai salah satu peserta Future Leader Summit di Universitas Diponegoro. Ternyata, ia adalah seorang traveller.

Trinity: the white one

Trinity (nama pena) adalah seorang full-time traveller dan penulis freelance. Dia juga seorang editor in Chief dari Venture Travel Magazine, kontributor dari berbagai majalah nasional Indonesia, bekerja di Indika FM, blog dan social media entrepreneur. Tak hanya itu, ia juga menjadi English-Indonesian translator, copywriter, dan speaker di beberapa bidang kreatif penulisan, blogging, atau traveling. Lulusan S1 Komunikasi Undip Semarang itu sudah traveling di hampir seluruh provinsi di Indonesia dan juga 44 negara di dunia. Salah satu karyanya adalah The Naked Traveler. The Naked Traveler adalah travel blog pertama di Indonesia (www.naked-traveller.com ) dan juga buku traveling best seller di Indonesia.

Sepanjang diskusi berlangsung, ia lebih banyak memberi kami masukan terkait penulisan popular seperti blog. Ia menyebutkan, blog merupakan salah satu media yang dapat kita gunakan untuk berlatih menulis. Penting untuk membuat suatu identitas blog. Dikatakan Trinity, pemilihan genre ini juga bisa dikaitkan dengan hobi kita, misalnya saja traveling seperti yang dilakukan Trinity. Prinsipnya, setiap orang yang membaca tulisan kita akan merasa mendapat informasi baru. ”Jangan narsis ya,”ujarnya. Wah-wah, saya sepertinya memang harus mengurangi intensitas narsis di blog sendiri…hehehe

Kalau sudah terbiasa menulis. Step berikutnya adalah improvement. Peningkatan kualitas ini bisa dilakukan dengan banyak membaca. Ingat, membaca karya orang lain ternyata bisa menambah referensi kepenulisan kita. Selain itu, kita juga bisa menanyakan kualitas tulisan kita kepada teman. Jangan meremehkan komentar teman lho. Karena komentar mereka juga berperan dalam peningkatan kualitas tulisan kita. 

Next, setelah blog jadi, tugas berikutnya adalah promosi. Trinity mengungkapkan perlu adanya marketing strategy dalam mempromosikan blog. “Sering-sering aja comment di blog orang. Nanti mereka pasti ada kunjungan balik,” ungkapnya. Sertakan juga alamat kita di signature seperti email, cv atau kartu nama. Strategi lainnya yang patut dicoba adalah membuat stiker bertuliskan blog kita, bagi-bagikan secara gratis, tempel di bagian belakang motor atau mobil temen-temen kita. Minta tolong dikit lah buat promosi. Eits, ini khusus kalau ada budget lho!hehe

Kalau semua sudah dilakukan, ya sudah selebihnya hanya tergantung konsistensi kita menulis. Bukan begitu?

No comments:

Post a Comment