Pages

Saturday, August 27, 2011

Malam 27 Ramadhan


Ramadhan sudah sampai di malam ke-27. Di Pondok Pesantren Al-Khidmah, berduyun-duyun ribuan orang menghadiri majelis dzikir. Malam itu, pertama kalinya saya kesana di bulan ramadhan. Lagi-lagi karena tergoda ajakan orang tua. Lepas maghrib kami meluncur. Untunglah jalanan tidak semacet yang dibayangkan, meski tak bisa dikatakan juga bahwa jalanan tidak ramai. Dari arah barat sebelum menyebrang jembatan Kedinding, sudah tampak mobil pick up, colt, lyn, berderet-deret parkir di sebelah kanan jalan. Plat mereka rata-rata S, AG, W, L, dan M.





Sampai di dalam, saya lebih terkejut lagi. Entah ada berapa ribu orang malam itu. Luar biasa animo umat muslim. Tanpa terasa adzan isya berkumandang. Sementara saya masih antri berdesakan, berjubel diantara puluhan orang yang baru datang dan hendak masuk. Syukurlah, ada tetangga yang  kami kenal. Ia memberikan space cukup agar kami bisa sholat dan tentunya berdzikir mengingat Allah sepanjang malam. Aduhai, nikmatnya......


Serangkaian kegiatan malam itu berakhir hingga sekitar pukul 12 malam. Saat pulang, saya sempat memotret salah satu mobil pick up penuh penumpang. Itu hanya salah satu, yang lainnya masih banyak lagi. Sudah tradisi.

No comments:

Post a Comment