Pages

Saturday, August 27, 2011

Lupa Janji Sendiri

Cerita ini mungkin adalah hal terburuk yang saya alami selama menjadi reporter. Saat rapat redaksi saya sudah menyanggupi mewawancara salah seorang ketua jurusan berprestasi nasional. Beliau adalah Ibu Sri Gunani Partiwi,  dosen Jurusan Teknik Industri ITS. Saya meminta kontak handphone beliau dari Icha, rekan sesama reporter. Senin siang saya sms si ibu. Beliau mengatakan ada waktu longgar mulai Rabu sampai Jumat. Saya menawarkan hari Rabu pukul 10.00 di ruangan beliau. Oke, waktu dan tempat fix sudah.

Minggu ini saya memang berniat ngebut liputan. Tidak liputan selama bulan Juli lalu sukses membuat saya menabung hutang cukup banyak. Total ada tujuh hutang liputan saudara-saudara! Sebelum lebaran, saya berniat mengangsur. Jadilah ada empat liputan di kantong.

Hari Rabu tiba. Saya santai berangkat dari rumah pukul 10.00. Dalam ingatan, saya janjian ketemu ibunya pukul 11.00. Kesalahan besar pun dimulai. Pukul 10.30 saya tiba di kampus dan langsung menuju kantor. Sempat browsing dan bahkan ngobrol-ngobrol sejenak dengan rekan-rekan di sana. Saya tengok handphone, ternyata ada satu sms. Isinya:


Bu Sri Gunani ternyata akan ada rapat pukul 11 siang. Tanpa perasaan bersalah, saya meminta bertemu pukul 13.00 saja, usai si ibu rapat.

Pukul 13.00
Saya sms si ibu, menanyakan apakah rapat beliau sudah selesai dan sudah bisa saya temui. Jawaban beliau sudah. Tahukah Anda dimana posisi saya saat mengirim dan menerima sms tersebut? Saya masih di kantor! Belum sedikit pun beranjak. Akhirnya, saya buru-buru comot tas, kamera, dan kunci motor. Ngacir lah saya menuju Jurusan Teknik Industri. Sekitar lima menit kemudian saya sudah berada di ruangan si ibu.

Kalau Ibu Sri tidak mengatakan bahwa dirinya menunggu sejak pukul 10 siang tadi, mungkin saya tidak akan pernah menyadari kesalahan ini. Attitude-nya? Akhirnya saya memohon maaf berkali-kali. Karena saya benar-benar lupa jam janjian. Bahkan si ibu sampai hendak menunjukkan sms yang saya kirim. Ampuun bu, saya benar-benar minta maaf karena lupa.

Jika sebelum-sebelumnya saya selalu on time dan datang lebih awal saat janjian dengan nara sumber, kali ini benar-benar kesalahan. Mohon dimaklumi, wartawan kan juga manusia.

1 comment:

  1. Selamat siang.
    Perkenalkan, nama saya Andika Jati, saya mahasiswa dari Jurusan Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Saya adalah bagian dari pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Industri Universitas Atma Jaya Yogyakarta (HMTI UAJY). Kami berencana untuk mengadakan seminar dan mengundang Ibu Sri Gunani untuk menjadi pembicara dalam seminar. Apakah saya diizinkan untuk mengetahui nomor telepon dari Ibu Sri Gunani? Selain itu, apakah saya diizinkan untuk tahu lebih dalam mengenai beliau? Jika diperkenankan, tolong balas komentar ini atau hubungi saya di dikkadjati@yahoo.com. Mohon maaf mengganggu. Terima kasih.

    ReplyDelete