Pages

Tuesday, May 10, 2011

Ayoooook Nulis


Pernah berpikir untuk menulis? Atau punya keinginan tapi tidak bisa menulis? Tak apa, mari memulai dengan latihan sederhana. Tapi sebelum memulai,coba tanyakan pada diri sendiri motivasi dan tujuan kita menulis. Dengan begitu, kita tertolong untuk siap menghadapi tantangan dan hambatan dalam dunia tulis-menulis. Oke?

Setelah menetapkan motivasi dan tujuan menulis, tunggu apalagi. Do it!!! Execute!!! Saat ini adalah saat tepat bagi kita untuk menulis. Ide ada di mana saja. So, segera tangkap dan wujudkan dalam tulisan.

Jika gagal gimana donk? Ya coba lagi. Menjadi penulis perlu proses. Ingat, dalam menulis, hanya 20 persen bakat yang diperlukan. Sisanya? Praktek menulis itu sendiri. Tidak ada salahnya kan menyisipkan sedikit waktu setiap harinya  untuk keperluan menulis? Satu lagi, hal yang juga penting dilakukan adalah membaca. Membaca akan memperkaya wawasan serta dapat menunjang kegiatan menulis itu sendiri.

Berdasarkan pengalaman yang sudah-sudah, menulis itu ternyata mempunyai banyak manfaat lho.



Menulis berarti menciptakan dokumentasi yang abadi. Melalui tulisan-lah pemikiran-pemikiran kita akan dikenang selama bertahun-tahun. Bahkan hingga sang penulis sudah tiada, karya-karyanya-lah yang akan berbicara. Menulis adalah investasi seumur hidup.

Menulis=berpenghasilan.Khusus poin ini, sudah bukan rahasia umum.Penulis yang produktif dan disiplin, bisa menjadikan profesinya sebagai sumber penghasilan.

Menulis=eksis. Kenal Andrea Hirata? Kenal Kang Abik? Kenal Goenawan Muhamad? kenal Pramoedya Ananta Toer? Mereka semua penulis. Dan mereka semua terkenal. Alasannya? Karena mereka menulis.

So, let's start. Do it! And keep practise.
Teori menulis bisa jadi bejibun di internet. Tapi yang paling penting "Learning by doing"
Jadi selamat mencoba=)

1 comment:

  1. kalo kata raditya dika, menulis itu bercerita, bisa buat orang tertawa, melupakan sejenak masalah yang sedang dihadapinya.

    ReplyDelete