Pages

Sunday, April 17, 2011

Ber-bahasa

“We engineers are the masters of the language of mathematics but when it comes to the language for interpersonal communication many of us are found wanting,”
 
Saya tersenyum membaca tulisan di atas. Ya, secara tidak sengaja saya menemukannya terselip diantara beberapa browsing-an siang itu. Artikel yang hanya sekitar 300 kata itu mengatakan bahwa keahlian berkomunikasi demikian penting. Entah itu secara lisan maupun tulisan.
 
Teman saya sesama reporter pernah mengeluhkan satu hal kepada saya. Ia mengatakan upgrading atau pelatihan yang dikhususkan untuk men-training kami tidak asyik. Satu-satunya pembicara yang mengisi tidak bisa mengkomunikasikan materinya dengan cukup baik alias ‘garing’ kalau mengutip pernyataan teman saya itu.
 
Wartawan bisa saja menyampaikan cerita dengan sangat baik lewat tulisannya. Serentetan hasil reportase lapangan pun bisa jadi terangkai apik ketika diolah di meja redaksi. Tapi bagaimana saat harus   menyampaikannya secara lisan? Menuturkannya secara langsung dan runtut tanpa membuat pendengarnya tersesat? Itu soal lain Bung.
 
Pernah membaca jurnal-jurnal penelitian? Itulah salah satu bentuk komunikasi. Mereka, para pakar atau peneliti, mengkomunikasikan berbagai temuannya melalui media semacam jurnal ilmiah. Tapi sekalipun sudah berbentuk riil dan tertulis di atas kertas, bukankah transfer secara lisan pun juga masih sangat dibutuhkan? Adakah orang yang membuat sebuah riset tanpa ada pengkaji lainnya? Paling tidak, si peneliti harus mempertanggungjawabkan tulisannya tersebut dalam forum ilmiah juga. Yang perlu dilakukan mutlak presentasi, sama artinya dengan berkomunikasi secara lisan.
 
Pada dasarnya, inti dari komunikasi adalah transfer informasi. So, sebagai calon (semoga) engineer, kita juga dituntut dapat berbahasa dengan baik. Karena soal ngomong bukan cuma urusan orator, politikus, ato presenter tapi juga para engineer. Dan karena soal nulis bukan cuma urusan jurnalis, novelis, ato sekretaris tapi juga insinyuirs (yang ini maksa). Hahaha;))

No comments:

Post a Comment