Pages

Monday, May 27, 2013

Mewarnai Tulisan dengan Membaca

Belakangan saya sangat rajin membaca. Membaca apapun, buku, artikel dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa Inggris, berita online, hingga majalah bulanan. Tujuannya: memperkaya kosakata dan mempelajari gaya tulisan. Meski hanya satu artikel dalam sehari, saya mengharuskan diri membaca. Dari membaca, saya bisa tahu lead macam apa yang biasa koran-koran besar pakai. Dari membaca, saya bisa tahu bahwa media-media besar sangat jarang menggunakan kata 'yang', 'dengan', 'bahwa', dan berbagai kata sambung lainnya. Dari membaca, saya bisa tahu bagaimana wartawan senior kaliber Kompas bisa merangkai kejadian sejarah dengan sangat elegan. Pada akhirnya saya tiba pada suatu kesimpulan, membaca adalah senjata utama bagi seorang penulis. Kesimpulan klasik yang memang tak bisa dipungkiri penulis manapun.

No comments:

Post a Comment