Pages

Monday, February 6, 2012

Berorganisasi=Proses

PRC 2011/2012 Himatekk ITS

Berorganisasi juga berarti bekerja bersama banyak orang. Orang-orang di sini, mereka semua memiliki satu visi, kesamaan keinginan dan tujuan. Postif? Sudah pasti! Hanya saja permasalahannya, kadang kala memang  timbul gesekan di sana-sini. Bukan masalah besar, karena sejatinya di manapun hal itu akan selalu ada.

Organisasi, sekalipun memiliki satu visi dan arah jelas dalam mencapai tujuan, tak lepas dari keragaman personilnya, baik kultur, sifat, pola pikir, cara pandang, hingga idealisme. Kompleks! Karena itulah organisasi didapuk sebagai tempat orang-orang dengan keberagaman tadi berproses.

Proses untuk apa? Untuk meng-upgrade diri menjadi pribadi yang lebih matang, untuk bisa lebih menghargai orang lain, untuk mencoba mendengar dalam setiap kesempatan selama diskusi, untuk mencoba memahami arti bekerja dalam tim, untuk, untuk, dan untuk.

Jika hendak disimpulkan, berorganisasi adalah proses untuk kita pribadi.  Proses belajar lebih tepatnya. Ketika bangku kuliah tidak menyediakan cukup tempat untuk melatih mental, kecakapan, dan kemampuan kita di luar dunia akademik maka organisasi adalah jawabannya.

Saat mengalami gesekan maka sudah seharusnya kita bisa me-manage serta ,memposisikan diri dengan sebaik-baiknya. Kembali pada perenungan bahwa  gesekan, ibarat kumparan dinamo, meski kian lama kian panas, energi yang ditimbulkannya dapat dikonversi menjadi sebuah gerak. Gerak ini tadi menimbulkan movement alias perpindahan.  Perpindahan dari apa ke apa? Perpindahan untuk menjadi pribadi yang lebih baik.  Seperti itulah berorganisasi.

No comments:

Post a Comment