Pages

Saturday, November 5, 2011

KNT in English


Kelas satu ini mengajarkan mata kuliah Komputasi Numerik Terapan (KNT). Mr Setiyo Gunawan selaku dosen kami memberi sedikit surprise di awal perjumpaannya.

Yeah, English! He wanted us to do presentation in English. Whooooa, absolutely it made all of us shock! How we can understand material from the complex explanation? Previously, it is difficult to understand it in Bahasa Indonesia, and then what about in English? Actually, it isn's too difficult after we did it.. hehe:D

Lima menit
Lima menit bisa jadi waktu yang tidak begitu berharga bagi siapa pun yang tengah menganggur atau paling tidak bagi mereka yang sedang tidak dikejar deadline. Tapi bagaimana jika waktu lima menit itu adalah modal Anda sebelum presentasi? Tanpa ada slide, tanpa pemahaman materi terlebih dahulu? sementara Anda harus menyampaikannya di hadapan dosen serta mentransfer pemahaman materi itu kepada rekan-rekan Anda?

Fariz, Morgan Sm*sh, partner in crime di praktikum KNT
Tambun, si Batak yang sempat berpartner praktikum KF dengan saya

Panik! Itulah yang saya alami bersama dua rekan sekelompok, Fariz dan Tambun. Kejadian ini di luar dugaan, tidak kami sengaja. Bukan pula karena kami adalah kelompok dengan manajemen waktu buruk. Semua bermula dari kesalahan fatal melihat pembagian tugas kelompok. Dan parahnya, saya adalah si tersangka. Kelompok kami seharusnya mendapat plot soal 4.3. Saya menginfokan kepada yang lain bahwa soal yang harus kami garap adalah 4.4.

Ya, selisih satu nomor dan artinya setiap kelompok di bawahnya bergeser otomatis. Tak mungkin menggeser kelompok lainnya, di sisa menit-menit terakhir kami menyiapkan slide serta mencoba mengerti materi yang alhamdulillah sedikit. Fariz mengetik slide sambil membaca, Tambun membaca betul-betul, sementara saya sibuk jeprat-jepret diktat kuliah untuk bahan slide. Tak sampai sepuluh menit, slide serta pemahaman instan pun jadi. Masih merasa ada cukup waktu, saya menanyakan pemahaman yang didapat Fariz. Maklum, koneksi dia untuk memahamai materi jauh lebih cepat dibanding saya... hehe:D

Tiba saatnya presentasi...
Saya membuka presentasi dengan beberapa slide awal, berikutnya Fariz menjelaskan, sementara Tambun menuliskan beberapa rumus yang belum dimasukkan ke dalam slide.
Saat sesi tanya jawab, Fariz menjawab beberapa pertanyaan, sedikit diskusi sebentar dengan saya, dan Tambun menambahkan.
Presentasi usai dan saya merasa lega, entah dengan dua teman saya lainnya! Pengalaman yang menegangkan.

2 comments:

  1. dan parahanya harus pake bahasa inggris hahahaha :D

    ReplyDelete
  2. *menertawakan diri sendiri riz?
    :D:D

    ReplyDelete