Pages

Tuesday, July 26, 2011

Icip-Icip Coto Makassar


Berkesempatan mengunjungi kota Makassar, saya enggan melewatkan kesempatan icip-icip. Saya bareng teman-teman sepakat mampir ke warung Coto Paraikatte diantar becak motor alias bentor. Kata bapak bentor yang bahkan saya lupa tidak menanyai namanya, Paraikatte dalam Bahasa Indonesia artinya kita semua. Jadi Coto Paraikatte berarti Coto kita semua. Sedikit-sedikit saya belajar bahasa Makassar juga bareng si abang bentor. 


Beda dengan soto Madura atau soto lamongan yang dari penampakannya bening, kuah coto justru keruh. Biasanya coto disajikan dalam porsi semangkok kecil. Makan coto tidak perlu pakai nasi melainkan ketupat. Oiya, kalau makan coto jangan lupa diracik dulu sesuai selera, pakai tambahan garam, kecap, dan sambal. Biar rasanya makin ajib dah!


Setelah saya cicipi, coto ini kok mirip sama kuah gule bikinan ibu saya di rumah ya? Hehehe:) Soal minum? Apa saja cocok. Jus terong belanda cukup menggoda saya malam itu. So, pesanan malam itu, semangkok coto plus segelas jus terong belanda.


Sesi terakhir makan Coto Paraikatte ditutup dengan foto-foto bareng pengamen. Emang dasar kurang kerjaan kita ini! Nice trip at Makassar!

No comments:

Post a Comment